Cara Setting Sound System yang Benar

Cara Setting Sound System yang Benar

Mempelajari banyak hal mengenai sound system khususnya cara setting sound system memang jadi kebutuhan terutama bila Anda bermaksud untuk bekerja sebagai operator sound.

Sound system merupakan gabungan peralatan elektronik canggih yang bekerja dengan baik memproses bunyi hingga menghasilkan suara yang jelas dan dimengerti. Banyak orang yang hanya memahami sound syste sebagai alat pengeras suara saja, padahal pengeras suara hanyalah salah satu bagian dari sound system. Lantas bagaimanakah cara yang benar untuk setting sound system?

Setting Gain Sensitive

Langkah pertama untuk melakukan setting microfon yakni gain sensitive dengan cara menyetel sesuai tingkatan sinyal input. Anda bisa mencoba untuk melakukan pengaturan pada gain suara yakni pada posisi lampu yang menyala di 0 dB maupun 10 db dan bila dipasangkan audio tepat di connector maka alangkah baiknya bila diatur di antara sekala -34 sampai +10.

Setting Level Channel Audio

Cara mengatur sound system selanjutnya dengan cukup melakukan penyetelan level channel audio dan untuk pengaturan sesungguhnya bisa disesuaikan dengan kehendak dan juga kebutuhan dari pengguna sound system.

Setting Master Level Audio

Share sinyal yang masuk diproses di bagian master dan pada bagian itulah bisa ditemukan serangkaian elektronik yaitu berupa Operational Amplifier yang akan disalurkan menuju loudspeaker.

Setting EQ

Ada pun cara setting sound system berikutnya adalah setting EQ maupun Tone Control untuk vocal. Pada umumnya dalam Mixer Console terdapat 3 band Equalizer yang berfungsi untuk penyesuaian saluran tingi, skala mengenah hingga yang rendah.

Cara Melakukan Setting Pada Mixer Console

Pada sound system ada bagian yang dinamakan Mixer console yang fungsinya untuk menerima berbagai sumber suara, baik dari alat music, microfon, CD Player, DAT maupun tape deck.

Mulai dari sini pengguna sound system bisa melakukan pengaturan level masukan serta keluaran dengan mudah, dari level yang sangat lembut sampai yang paling keras. Bila diibaratkan sebagai tubuh manusia, sound system ini bisa dikatakan adalah jantungnya yang mengatur sumber suara dengan baik.

Sumber Artikel : Akusewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *